Selasa, 29 September 2009

Mesin Cuci dengan Kedipan Mata


Era baru teknologi digital kembali diperkenalkan oleh salah satu ilmuwan Osaka, Jepang. Dia telah membuat sebuah perangkat yang menjadikan pengoperasian berbagai alat elektronik makin mudah hanya dengan mengedipkan mata atau senyuman. Bahkan perangkat ini di tengarai mampu memainkan musik di iPod serta menjalankan mesin cuci hanya dengan ekspresi wajah.
Perangkat ini mirip dengan headphone tapi dilengkapi sensor infra merah yang menunjukkan sinyal di dalam telinga dan menghasilkan ekspresi wajah. Mimi switch atau ear switch dihubungkan ke komputer mikro dan bisa mengontrol perangkat elektronik. Perangkat ini berfungsi sebagai remote control handfree untuk berbagai macam tugas.
"Bisa untuk menyalakan lampu ruangan, mengoperasikan mesin cuci cukup dengan menggerakan mulut," kata Kazuhiro Taniguchi dari Universitas Osaka penemu alat itu. Dia menambahkan iPod juga dapat di start dan stop dengan mengeluarkan stik dari hidung seperti gambar Eistein yang terkenal. Selain itu jika membuka mata secara lebar maka iPod akan melompat ke lagu berikutnya sementara kedipan mata membuat mundur
Perangkat ini dapat diprogram untuk menangkap berbagai macam ekspresi wajah misalnya senyuman atau pergerakan di hidung. Mimi switch juga dapat menyimpan data dan mengetahui usernya, kata Taniguchi, peneliti di Universitas Osaka.
"Perangkat itu memonitor wajah dalam kehidupan sehari-hari dan mengumpulkan data dan perangkat ini bisa tahu jika usernya senyum yang otomatis akan memainkan lagu-lagu gembira. Perangkat ini bisa berfungsi untuk relaksasi tapi juga untuk hal yang lebih serius membuat hidup manusia lebih mudah," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar